Sertifikasi ISO

International Organization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait. 

Kita dapat mengilustrasikan ISO itu seperti  franchiseFranchise makanan yang memiliki standar yang jelas dan harus diikuti oleh karyawan, sehingga rasa makanan bisa sama di setiap cabang. Rasa makanan tidak tergantung dari koki yang memasak makanan tersebut.

Jenis jenis Sertifikasi ISO

Pentingnya Sertifikasi ISO

Dilansir dari OSS Certification, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelanggan

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.

2. Jaminan Atas Kualitas dengan Standar Internasional

Untuk mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.

3. Menghemat Biaya

Standar ISO akan memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk tersebut.

4. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Kembali kepada prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Meningkatkan Image Perusahaan

Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.

Itulah semua keuntungan yang dapat didapatkan atas adanya sertifikasi ISO dan alasan mengapa sertifikasi itu penting. Semua keuntungan ini pada akhirnya secara lambat laun akan meningkatkan laba perusahaan.

Tahapan Sertifikasi ISO

Secara umum tahapan sertifikasi ISO adalah sebagai berikut :

  • Audit awal (opsional)
  • Audit sertifikasi
  • Penerbitan sertifikasi
  • Audit pengawasan tahunan
  • Sertifikasi ulang dalam waktu tiga tahun

Lamanya proses audit berjalan ditentukan dari ruang lingkup dan bidang usaha di perusahaan. Proses audit akan terlaksana dalam 2 stage.
Stage 1 – Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumentasi.
Stage 2 –  Akan dilakukan pemeriksaan pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan.

Masa Berlaku Sertifikat ISO

Sertifikat ISO berlaku selama 3 tahun, setelah itu maka perusahaan akan di audit ulang atau re-sertifikasi. Selama 1 tahun perusahaan dan organisasi akan di audit dalam waktu tertentu, hal ini sering disebut dengan surveilance audit atau audit berkala.

Jenis Sertifikasi ISO

Berikut beberapa jenis sertifikasi ISO yang paling banyak dicari :

1. Sertifikasi ISO 9001

ISO 9001 Quality Management System adalah sebuah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional. ISO 9001 merupakan tolak ukur global untuk sistem manajemen mutu yang telah diterbitkan lebih dari satu juta di seluruh dunia. ISO 9001 merupakan iso yang membahas sistem berisikan standar untuk manajemen mutu suatu barang atau produk tertentu.

2. Sertifikasi ISO 14001

Sertifikasi ISO 14001 adalah sebuah proses kelayakan suatu organisasi, bisnis, atau perusahaan dalam menunjukkan tanggung jawabnya terhadap lingkungan. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa sebuah organisasi atau bisnis telah mendedikasikan sistem manajemennya berdasarkan kesadaran lingkungan.

3. Sertifikasi ISO 45001

Sertifikasi ISO 45001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk kesehatan dan keselamatan kerja/  sistem manajemen K3, dengan panduannya  yang dapat  memungkinkan organisasi agar secara proaktif meningkatkan kinerja  dalam hal mencegah cedera, kecelakaan kerja  dan gangguan kesehatan.

4. Sertifikasi ISO 22000

Sertifikasi ISO 22000 adalah standar dunia internasional yang diterima secara global bagi perushaan yang ingin memenuhi persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan. Didirikan pada tahun 2005, ISO 22000 berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan, dalam upaya untuk memastikan ketersediaan pangan. Standar ini menguraikan kerangka kerja yang menyelaraskan semua bagian dari rantai pasokan makanan hingga mengendalikan risiko dan mencegah kontaminasi.

5. Sertifikasi ISO 27001

ISO/IEC 27001 adalah standar internasional untuk menetapkan spesifikasi dalam sistem manajemen keamanan informasi. Membantu organisasi untuk mengelola keamanan informasi mereka dengan menangani orang dan proses serta teknologi. ISO 27001 adalah kerangka kerja yang digunakan untuk membangun, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

6. Sertifikasi ISO 37001

ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan ( SMAP ) / Anti Bribery Management System adalah sistem manajemen anti suap yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan program anti-suap.

Syarat Pengurusan Sertifikasi ISO

Berikut persyaratan dokumen awal untuk mengajukan Sertifikasi ISO bagi perusahaan yang harus disiapkan :

  • Akta Pendirian + SK Kemenkumham
  • Akta Perubahan + SK Kemenkumham
  • Ijin Domisili Perusahaan
  • SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )
  • TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )
  • SBU ( Sertifikat Badan Usaha )
  • NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak )
  • NIB ( Nomor Induk Berusaha )
Scroll to Top